Persuasi: Kunci Peningkatan Bisnis Anda

Persuasi dibutuhkan dalam hampir setiap kegiatan bisnis mulai dari pemasaran, penjualan bahkan negosiasi. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan konsep persuasi dan keterampilan yang dibutuhkan dalam teknik persuasi bisnis.

Persuasi Bukanlah Manipulasi

Ada kesalahpahaman bahwa persuasi berarti memanipulasi. Faktanya, persuasi sangatlah berbeda dengan manipulasi. Manipulasi adalah memaksa orang lain untuk melakukan apa yang Anda inginkan tanpa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Sementara, persuasi adalah seni membujuk orang lain untuk melakukan apa yang Anda inginkan dan juga membantu orang tersebut untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Dengan kata lain, ketika Anda menggunakan teknik persuasi untuk membuat orang lain melakukan sesuatu untuk Anda, Anda tidak memaksa mereka untuk melakukannya.

3 Keterampilan yang Penting dalam Persuasi

Kini Anda telah memahami perbedaan antara persuasi dan manipulasi, mari kita bahas lebih lanjut mengenai 3 keterampilan yang penting dalam persuasi yang efektif:

  1. Berkomunikasi dengan Jelas

Seni persuasi terletak pada menyederhanakan sesuatu bahkan hingga ke intinya, dan mengkomunikasikannya kepada orang lain. Oleh karena itu, kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas sangatlah penting untuk Anda miliki guna mewujudkan teknik persuasi yang berhasil dan mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Salah satu cara terbaik untuk mengasah kemampuan ini adalah dengan mendengarkan lebih banyak dari berbicara. Karena dalam kebanyakan situasi, tidaklah baik untuk senantiasa mendominasi percakapan atau komunikasi karena jika Anda mendominasi, Anda tidak belajar apapun dari proses komunikasi tersebut. Selain itu, ketika Anda hanya berfokus pada apa yang hendak Anda sampaikan, Anda membuat fokus komunikasi menjadi diri Anda sedangkan komunikasi bukanlah tentang Anda tetapi komunikasi adalah tentang orang lain yang terlibat dalam komunikasi bersama Anda.

  1. Mempersiapkan Teknik Persuasi Anda di Muka

Persiapan yang cermat akan memungkinkan strategi persuasi Anda menjadi lebih efektif. Ketahuilah target yang ingin Anda capai dalam persuasi tersebut dan siapa yang hendak Anda bujuk. Kemudian, susun dan aturlah strategi yang tepat untuk mewujudkan tujuan dari persuasi Anda.

  1. Percaya Diri dan Yakin

Tidak ada aspek lain dari persuasi yang lebih menarik dibandingkan keyakinan. Andalah yang membuat keyakinan itu timbul terhadap penawaran Anda. Jika Anda betul-betul yakin dengan apa yang Anda lakukan, maka Anda dapat membujuk orang lain untuk melakukan tindakan yang tepat bagi mereka dan juga mendapatkan keuntungan dari hal tersebut.

English Today Your Professional Learning Partner

Call Us Today +6222 8732 1109

Email: contact@english-today-indonesia.com

Comments

comments